Senin, 14 Agustus 2017

Religi Suku Murba di PAPUA

Yosafat Belmiro S ( 16111546)
STT Bethel Indonesia

RELIGI SUKU MURBA DI PAPUA 


Pendahuluan

Dilihat dari penduduk Irian Jaya maka dapat diketahui bahwa tidak merupakan kesatuan, tetapi menunjukkan suatu aneka warna yang amat besar. Pada umumnya dapat dibedakan antara kebudayaan-kebudayaan dari penduduk daerah di pulau-pulau dan pantai, penduduk rawa-rawa, penduduk pegunungan Jayawjiaya dan masih banyak lagi yang dapat diketahui dari Papua.[1] Kelompok pada pembahasan kali ini akan memaparkan mengenai salah satu suku di Papua yaitu suku Dani, yang diawal ini kelompok sudah mengkategorikan sebagai suku di daerah pegunungan. Selengkapnya dapat dilihat dalam pembahasan dibawah ini.
I.              Nama dan Bahasa[2]
Sebutan “orang Dani” yang sekarang dipakai untuk menamakan penduduk Lembah Balim sebenarnya tidak berasal dari penduduk asli lembah tersebut, tetapi merupakan sebutan orang Moni, penduduk dataran tinggi Paniai untuk menyebut penduduk lembah Balim. Nama yang artinya “orang asing” itu mula-mula berbunyi Ndani dan pertama kali didengar digunakan oleh suatu ekspedisi yang terdiri dari orang-orang Amerika dan orang-orang Belanda yang mengunjungi daerah tempat tinggal orang Moni dalam tahun 1926. Setelah mengalami perubahan sedikit dengan fenom N, nama itu menjadi Dani dan masuk dalam kepustakaan etnografi.
Penduduk Lembah Balim sendiri tidak mau menggunakan nama tersbut, dan menamakan dirinya sendiri nit (akuni) Pallimeke, yang berarti “kami (orang) dari Balim”. Meskipun penduduk Balim mula-mula tidak setuju dengan pemakaian nama Dani, masyarakat umum seudah terlanjur memakainya di dalam laporan-laporan dan karangan-karangan etnografi mereka, sehingga nama itulah yang sekarang dipakai secara resmi.
Seluruh penduduk Lembah Balim mengujar satu bahasa, yaitu bahasa Dani. Keluarga besar bahasa Dani terbagi dalam tiga sub-keluarga bahasa, yakni sub-keluarga Wano, sub-keluarga Dani Pusat, dan sub-keluarga Ngaglik-Dugawa. Selanjutnya, sub-keluarga Dani pusat masih terbagi lagi ke dalam dua logat, yaitu logat Dani Barat dan logat Lembah Besar Dani. Logat Dani Barat seringkali disebut bahasa Laany, dan diucapkan oleh penduduk di Balim Utara, lembah Swart, Yamo, Nogolo, Ilaga, Beoga, Dudindagu, Kemandaga, Bokondini, bagian atas dari Lembah Besar sekitar Hulu sungai Hablifuri, sungai Kimbin, dan di Lembah Bele (Ibele). Logat Lembah Besar Dani terdapat mulai dari daerah pegunungan piramida diatas Lembah Besar hingga ke sungai Samenage di daerah perbatasan barat-laut, dan agak sedikit ke bawah, disungai Wet di daerah batas timut laut.
Bahasa Dani termasuk ke dalam kategori Western Highland Phylum yakni salah satu Phylum atau keluarga bahasa-bahasa non-Austronesia di Irian Jaya dan Papua Nuigini.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               
II.            Lokasi dan Demografi
Ditengah-tengah daerah Pegunungan Jayawijaya terbentang suatu lembah besar, yakni Lembah Balim, yang memanjang dari arah barat ke timur. Panjang lembah itu kurang lebih 45 km, dan lebarnya 15 km. tempat-tempat yang dihuni oleh manusia berada antara 1.600 m – 3.000 m diatas permukaan laut. Suhu rata-rata 14o C di malam hari dan 15o C di siang hari. Curah hujan di sekitar darerah itu pun sangat baik, bahkan untuk bercocoktanam.
Seperti penduduk Irian Jaya lainnya, orang Dani juga termasuk dalam ras Melanesia, dengan bentuk tubuh yang lebih pendek dan tegap, seperti penduduk pegunungan Tengah Irian Jaya pada umumnya. Tinggi rata-rata seorang pria suku Dani adalah 157 cm dan perempuannya rata-rata 145 cm. Orang-orang suku Dani diperkirakan menempati Lembah Balim sejak kurang lebih 7.000 sM (Heider 1979, hlm 23).
III.         Mata Pencarian
Dalam hidup orang Dani selalu ada babi dan ubi manis, secara implisit hal itu menunjukkan dua jenis mata pencarian hidup pokok orang Dani.
Ubi manis adalah jenis tanaman utama dalam kebun-kebun orang Dani, yang menurut perkiraan merupakan 90% makanan mereka. Dengan peralatan yang masih sederhana, yaitu tongkat kayu berbentuk seperti linggis dan kapak batu, orang Dani mengerjakan kebun di bagian-bagian yang rendah dan datar maupun di lereng gunung yang sangat terjal.
Selain bercocoktanam, orang Dani juga gemar berternak. Hewan yang paling banyak diternakan oleh orang Dani adalah babi dan merupakan mata pencarian hidup yang sangat penting orang Dani. Setiap pria dan wanita Dani memiliki sejumlah babi, namun pemeliharaannya hanya dilakukan kaum wanita dan anak-anak saja. Babi sangat penting dalam kehidupan orang Dani karena beberapa alasan, diantaranya:
1.     Dagingnya dapat dimakan.
2.     Darahnya digunakan untuk berbagai macam upacara gaib.
3.     Tulang dan ekornya dibuat hiasan.
4.     Tulang rusuknya dibentuk menjadi pisau untuk mengupas ubi.
5.     Alat kelaminnya diikatkan pada gelang guna menolak roh jahat.
6.     Sebagai alat tukar, babi memiliki nilai ekonomi, tetapi juga berguna untuk megukuhkan perdamaian dan persatuan antarkelompok kerabat maupun antarkonfederasi dalam upacara-upacara pesta babi yang besar.
IV.          Kelompok Kekerabatan
Kelompok kekerabatan yang terkecil dalam masyarakat orang Dani adalah keluarga luas yang terdiri dari dua atau tiga keluarga inti saudara sekandung pria yang bersama-sama menghuni suatu kompleks perumahan yang tertutup pagar yang biasa disebut uma. Adat Dani menentukan bahwa seoarang pria harus membawa istrinya ke tempat tinggalnya, sehingga suatu uma seringkali dihuni oleh dua generasi inti. Dalam antropologi, adat menetap sesudah nikah ini disebut adat virilokal.
Kelompok kekerabatan yang lebih besar daripada keluarga luas yang memenuhi satu uma adalah kelompok kekerabatan yang memperhitungkan garis keturunan patrilineal, artinya melalui para warga prianya sampai enam atau tujuh keturunan. Istilah bagi kelompok ini adalah ukul, yang berarti “kepala”, “hulu”, atau “asal”.
Ukul-ukul yang masih satu keturunan biasanya tinggal di suatu wilayah tertentu dari Lembah Balim, tetapi di wilayah itu juga tinggal sejumlah ukul  lain yang juga satu keturunan. Tidak sedikit pula dari ukul-ukul yang telah tercampur dan membentuk nama sendiri meski masih berasal dari suku Dani.
V.            Berbagai Upacara dan Tradisi Suku Dani
Suatu upacara yang sangat penting bagi kehidupan pria suku Dani adalah upacara inisiasi waya hagat-abin, yang biasanya dilakukan secara kolektif untuk sekolompok anak usia 10 tahun lebih. Walaupun jarang, ada juga anak berumur kurang dari lima tahun yang turut dalam upacara ini. Acara dalam upacara inisiasi orang Dani terutama bertujuan untuk menumbuhkan semangat berperang serta menanamkan pengertian mengenai hal-hal yang berhubungan dengan perang. Unsur-unsur upacara, seperti pemberian busur panah yang dilakukan secara simbolik, latihan perang, latihan ketabahan, pemberian pelajaran dan menyanyi yang berhubungan dengan perang, menunjukkan fungsi dari upacara waya hagat-abin tersebut. Berbeda dengan upacara inisiasi di tempat-tempat lain, upacara ini tidak bersifat meresmikan pencapaian tingkat kedewasaan anak. Pada pesta-pesta yang diselenggarakan dengan upacara ini, daging babi banyak dikonsumsi.
Anak-anak wanita tidak menjalani upacara ini , tetapi pada saat mereka mendapat haid pertama (eket-web) diadakan suatu upacara yang dimeriahkan dengan pesta (hotale). Pada pesta (hotale) darah haid pertama itu dibersihkan dengan sapu rumput, yang kemudian dibakar sehingga menjadi abu, lalu dibuang ke dalam sungai. Pada malam hari pesta yang hanya dihadiri oleh wanita dan anak-anak wanita dilanjutkan dengan menyanyi, menari, dan melompat-lompat bersama di dalam dapur panjang (lese). Keesokan harinya saat pagi mereka lanjutkan dengan bermain lumpur sambil saling mengotori dengan lumpur, dan pesta diakhiri dengan mandi bersama di sungai.
Seperti halnya upacara inisiasi, upacara perkawinan biasanya juga dijadwalkan bersamaan dengan penyelenggaraan pesta babi. Itulah sebabnya pada orang Dani akan sering dilihat adanya perkawinan massal. Unsur-unsur yang penting dalam upacara perkawinan adalah salah satunya upacara merias mempelai wanita (yokel isin), yang sudah dilakukan beberapa hari sebelum pertemuan resmi dilakukan oleh mempelai pria bersama rombongannya, upacara makan daging babi yang dilakukan kedua mempelai di tempat tinggal mempelai pria (wam palek palin), dan upacara sewaktu sepasang mempelai masuk ke dalam rumah ebe-ae untuk tidur. Upacara berlangsung selama kurang lebih 10 hari dan selama itu tidak henti-hentinya makan, minum, menyanyi dan menari.
            Berkaitan dengan upacara pesta babi dalam suku Dani dilakukan tiga atau empat tahun sekali, pada waktu yang berbeda-beda di setiap daerah di Lembah Balim atau lembah lainnya. Pesta babi kadang-kadang hanya dilakukan dalam lingkungan kelompok yang kecil, seperti dalam ukul, dan kadang-kadang dalam kelompok besar, tergantung dengan kemampuan dan keberanian tokoh penyelengaranya. Pesta babi ini pun biasanya dilakukan pada saat kondisi tidak terjadi perang suku. Meski namanya upacara pesta babi tetapi dalam upacara pesta babi itu kira-kira juga di korbankan 100 ekor babi, berton-ton ubi, keladi dan bahan makanan lain.
Seperti dalam semua kebudayaan di dunia, orang Dani juga mengenal upacara-upacara sepanjang lingkaran hidup. Walaupun demikian, sifat keagamaan dari upacara kelahiran, upacara pemberian nama, upacara memakai koteka bagi anak laki-laki dan baju jerami bagi anak wanita untuk pertama kalinya, semua itu tampak tak banyak mengandung unsur keagamaan.
Hal yang kelompok soroti dalam upacara di suku Dani adalah upacara kematian, memang mengandung banyak unsur religi. Sama dengan suku-suku yang diam di pegunungan Jayawijaya lain ,jenazah orang Dani dibakar. Pada upacara itu jenazah diletakkan dalam sikap duduk di atas semacam singgasana yang dihiasi dan diletakkan disuatu lapangan terbuka. Sebagai tanda berkabung kaum wanita akan melumuri seluruh bagian tubuhnya dengan lumpur putih. Pada tengah hari saat upacara itu masih berlangsung, seluruh keluarga inti, menjalani ritual pemotongan seruas jari tangan mereka, yang dilakukan oleh beberapa orang dukun, dengan menggunakan pisau bambu. Akhir-akhir ini ritual pemotongan ruas jari banyak diperdebatkan dan sudah mulai dikurangi.
Sebagai bagian dari upacara kematian, orang Dani membakar daging babi dalam lubang pembakaran tanah, yang sebgian mereka sajikan kepada ame (roh) orang yang baru meninggal. Sore harinya sisa daging di bakar itu dimakan bersama-sama sebelum mereka meninggalkan semua perhiasan yang melekat pada jenazah yang kemudian dilumuri dengan gemuk babi dan setelah itu dibakar, diiringi ratap tangis orang-orang yang hadir.
Suku Dani di Papua mempunyai metode tersendiri dalam pemakaman jenazah. Di antaranya dengan mengawetkannya sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur. Tradisi pemakaman jenazah di dunia berbeda-beda. Demikian pula tradisi yang dipegang teguh suku Dani di pelosok Papua. Mereka menggunakan metode pengasapan untuk mengawetkan jenazah nenek moyangnya.[3]
Salah satu tradisi yang tidak lazim di masyarakat suku Dani adalah tradisi potong jari. Tradisi tersebut dilakukan dengan cara menunjukkan kesedihan dan rasa duka cita ditinggalkan anggota keluarga yang meninggal dunia. Mereka melakukan potong jari untuk mengembalikan kembali perasaan sakit akibat kehilangan. Bukan cuman satu jari saja yang dipotong, bahkan kadang sampai semua jarinya dipotong. Namun dari beberapa sumber, tradisi ini hanya berlaku bagi kaum wanita saja. Seiring berkembangnya jaman dan masuknya agama-agama, tradisi potong jari ini sudah hampir ditinggalkan.[4]
Tujuan dari upacara keagamaan orang Dani adalah (1) untuk kesejahteraan keluarga dan semua warga masyarakat, dan (2) untuk mengawali dan mengakhiri perang. Doa-doa yang diucapkan selama upacara berlangsung menunjukkan bahwa upacara adalah untuk meminta pertolongan para nenek moyang agar mereka mendapat banyak babi, agar mendapat istri yang cocok, agar dagangan mereka mendatangkan banyak keuntungan, agar kebun-kebun memberi banyak hasil, agar kehidupan mereka tidak diganggu berbagai penyakit dan sebagainya.
VI.          Religi Suku Dani
Diatas telah dibahas mengenai berbagai upacara dan tradisi di suku Dani dan itu juga berkaitan dengan religi, tetapi dasar dari religi orang Dani adalah penghormatan roh nenek moyang, yang upacaranya dipusatkan pada pesta babi. Orientasi dan konsep-konsep serta kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya ditujukan pada kesejahteraan hidup dan peperangan konsep  keagamaan yang terpenting adalah atou yaitu kekuatan sakti para nenek moyang yang diturunkan secara patrilineal. Kekuatan sakti itu dapat diturunkan kepada anak-anak pria dan wanita, namun wanita tidak dapat menurunkannya pada keturunannya. Atou dapat digunakan untuk menghukum pelanggaran pantangan atau adat dan juga dapat pula menyembuhkan penyakit, menolak bahaya, meyuburkan tanah, memberi kekuatan, tenaga, dan semangat hidup. Menurut keyakinan orang Dani atou ini berada dalam nafas seseorang dan oleh karena itulah menghembus adalah tindakan yang sering dipakai dalam usaha menyembuhkan orang sakit, atau menyadarkan kembali orang yang pingsan, dan sebagainya.
Mereka yang diakui orang Dani sebagai nenek moyang adalah manusia-manusia yang nyata dan pernah mereka kenal (walaupun samar-samar), yang menurunkan mereka melalui garis patrilineal tiga atau empat angkatan di atas mereka. Lambang dari nenek moyang ini adalah batu-batu keramat berbentuk kapak lonjong yang terasa licin, yang disebut kaneke. Lambing ini disimpan dalam honae dan dianggap sebagai pusat kekuatan atou dan karena itu kaneke tidak boleh diperlakukan sembarangan, dan pantang dipandang oleh wanita dan anak-anak. Kaneke hanya dikeluarkan pada waktu ada upacara penting.
Suatu konsep lain dalam religi suku Dani adalah Mo, atau matahari. Peters menguraikan bahwa orang Dani sangat menghormati Mo, namun mereka seakan takut dan segan untuk membicarakannya dan berusaha merahasiakannya. Walaupun demikian, tidak ada upacara-upacara penghormatan matahari secara khusus. Ada dongeng-dongeng suci yang mengambarkan Mo sebagai pencipta alam, dunia, serta segala isinya. Mula-mula Mo sangat dekat dengan kehidupan manusia, tetapi ketika manusia saling bertengkar dan berperang, Mo mejauhkan diri dan mencari tempat di langit.[5]

Daftar Pustaka

1.     Koentjaraningrat. 1993. Masyarakat Terasing Di Indonesia. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
2.     Koentjaraningrat. 1999. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta : Djambatan
3.     Deutsche Welle. Mumi di Suku Dani Papua. Diakses dari http://www.dw.com/id/mumi-di-suku-dani-papua/g-37882563.
Dunia Kesenian. Mengenal Suku Dani dari Sejarah dan Kebudayaannya. Diakses dari http://dunia-kesenian.blogspot.co.id/2015/08/mengenal-suku-dani-dari-sejarah-dan.html


[1] Koentjaraningrat, Manusia dan Kebudayaan di Indonesia, ( Jakarta : Djambatan, 1999 ) hlm 69.
[2] Koentjaraningrat, Masyarakat Terasing Di Indonesia, ( Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, 1993 ) hlm 270

[3] Deutsche Welle. Mumi di Suku Dani Papua. Diakses dari http://www.dw.com/id/mumi-di-suku-dani-papua/g-37882563. 06 Mei 2017. 22:02 WIB.

[4] Dunia Kesenian. Mengenal Suku Dani dari Sejarah dan Kebudayaannya. Diakses dari http://dunia-kesenian.blogspot.co.id/2015/08/mengenal-suku-dani-dari-sejarah-dan.html. 06 Mei 2017. 21:49 WIB.
[5] Koentjaraningrat, Masyarakat Terasing Di Indonesia, hlm 270-290

Tidak ada komentar:

Posting Komentar