Minggu, 22 Januari 2017

Ringkasan Buku : Sejarah Pertama Alkitab, Prof.Pdt.John Titaley,Th.D

Salam Sejahtera bagi kita semua , kali ini saya akan membagikan hasil ketikan dan hasil bacaan yang telah saya lakukan dan yag telah saya ringkas dalam buku Sejarah Pertama Alkitab Sumber Yahwis, yang telah di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia , dan di terbitkan oleh Universitas Satya Wacana. Ingat ini Ringkasan yaa .. tapi saya berharap semoga apa yang saya ringkas dapat menjadi bermanfaat, dan dapat menambah pengetahuan kita dalam kitab PL ( Perjanjian Lama ) dan PB ( Perjanjian Baru ) , Tuhan Yesus Memberkati, Syalom.

Penulis : Yosafat Belmiro






SEJARAH PERTAMA ALKITAB 


PRAKATA 

Buku ini membahas tentang seorang penulis kuno dan karya kunonya yang berisi imaginasi politis. Karyanya ini merupakan bentuk mula-mula dari empat kitab pertama Alkitab. Sumber penulis Yahwis. Buku ini hasil kerja sama seorang sejarawan dan seorang . Buku ini adalah buku pertama dari empat buku yang di tulis oleh Prof.Robert B. Coote bersama David Robert Ord. Buku ke dua adalah Robert B. Coote, Demi Membela Revolusi: Sejarah Elohist.  Buku ketiga adalah Sejarah Dutronomistik: Kedaulatan Dinasti Daud Atas Wilayah Kesukuan Israel.  Dan buku yang keempat: Pada Mulanya: Penciptaan dan Sejarah Keimanan. 
Ibrani adalah nama yang dikenakan kepada budak-budak yang berada di Mesir yang kemudian berhasil keluar dari Mesir, masuk ke Palestina sekitar tahun 1300-1200 SZB. Budak-budak Ibrani ini memiliki dewanya sendiri yang disebut YHWH (Yahweh), walau harus diakui ada perbedaan antara penyembah Yahweh(Yahwisme) yang dilakukan budak-budak Ibrani ketika berada di Mesir. Pendekatan kritik sejarah terhadap sejarah awal Israel Alkitab ini menghasilkan adanya empat tradisi, atau yang disebut juga sebagai sumber, yaitu sumber Yahwist ( Y ) , Elohist ( E ) , Deutronomistik ( D ) , dan sumber Priestly ( P ). 
Berdasarkan sejarah bangsa Israel Alkitab tersebut, cerita-cerita yang dinilai masuk dalam kategori sumber Y yang diperkirakan ditulis ketika Daud menjadi raja atas kerajaan Israel Bersatu. Daud diperkirakan menjadi raja antara tahun 1000 SZB sampai sekitar 970an SZB. Disebut sumber E karena dalam tulisan-tulisan itu, dewa itu disebut dengan nama Elohim. Yosia ingin mempersatukan Yehuda dengan Israel Utara yang sudah runtuh karena Asyur sedang mengalami masa senjanya. Oleh karena itu dapat dipahami kalau Yosia merasa berhak atas Israel Utara dan menuliskan tulisan-tulisan yang mengimbau rakyat di Utara untuk tunduk ke Yerusalem sebagai “Pusat” pemerintahan dan ibadah mereka juga.Sedangkan nama sumber P digunakan karena gagasan-gagasan yang ada dalam kategori keempat ini ditulis oleh Imam-Imam ( Priests) sesudah pembuangan ke Babylonia mulai sesudah tahun 538 SZB dan mendapatkan kenyataan bahwa mereka telah menjadi bangsa Yahudi, tidak secara langsung “bersatu” dengan Israel Utara lagi. 
Dengan memahami latar belakang berdasarkan sumber-sumber seperti ini, pemahaman konvensional yang mengatakan bahwa Musa adalah penulis kelima kitab Pentatukh ( Kejadian-Ulangan), perlu ditinjau lagi. Waktu penulisan keempat sumber tadi merupakan waktu-waktu yang penting dalam sejarah bangsa Israel -Yahudi ini. 
Buku yang sedang dibaca ini adalah buku tentang Sumber Y. Ditulis dengan latar belakang kuatnya Mesir sebagai salah satu kerajaan Israel Bersatu di bawah Daud ini terancam oleh kekuatan mesir ini. Olehkarena itu ketika Daud berhasil mendirikan kerajaannya itu adalah Mesir. Sumber E, yaitu cerita yang sama bagi kerajaa Israel Utara tentu dapat dilihat dalam buku kedua, yaitu Demi Membela Revolusi:Sejarah Elohist. Cerita ini bercerita tentang bagaimana Yerobeam menjelaskan hakikat dari pemberontakannya sepeninggalnya Salomo berupa revolusi atas ketidak adilan yang mereka rasakan dibawah kekuasaan Salomo berupa revolusi atas ketidak adilan yang mereka rasakan dibawah kekuasaan Salomo. Sumber Y dapat ditemukan dalam kitab-kitab Kejadian, Keluaran,Bilangan, Sumber E juga dapat ditemukan dalam ketiga kitab tersebut. Mudah-mudahan membaca kitab suci orang Yahudi dengan menggunakan kacamata Yahudi seperti ini, kitab-kitab itu bisa menjadi jelas sehingga penerapannya tidak salah kaprah. Sudah terlalu banyak masalah terjadi hanya karena orang salah membaca Kitab Suci. 
PENDAHULUAN  : MASA DAUD MENURUT VERSI Y
Cara pertama adalah memiliki kerangka acuan yang lebih besar menghadapi masalah koheresi keseluruhan Y. Koheresi ini terus dipertanyakan secara luas, yang teranyar dalam karya-karya penting dari Dozeman and Schmid ( 2006 ), yang memfokuskan pertanyaannya pada hubungan antara Kejadian dan Keluaran. Tak dapat disangkal bahwa Y disusun dari sumber-sumber berbeda, yakni teks yang seolah-olah teks standar pengadilan Akkadia, khususnya Atrahasis ( Hess dan Tsumura 1994); tradisi pengadilan Kanaan menyangkut budaya garis keturunan; tradisi menyangkut para leluhur Israel dan kerabat mereka berfokus pada Hebron dan Bersyeba; tradisi tentang nama tempat atau pranata yang dibentuk menurut nama Israel dan anak-anaknya terkait dengan hubungan antara suku-suku dan segi politik Israel bersama negri berkuasa disekitarnya terutama Mesir, komposisi puisi pendek dan kemudian bersifat independen dari asal-usul kerakyatan yang berbeda. 
Meskipun terdiri dari berbagai sumberkoherensi Y tidaklah sulit untuk dikenali,  dan saya akan kembali mengulas topik ini sebentar lagi.  Penting untuk dicatat bahwa sumber-sumber ini bukanlah,  untuk sebagian besarnya,  sumber dari berbagai tema atau plot Y,  maupun kata-kata tertentu yang meng artikulasikan tema dan mendorong plot Y Artinya,  sumber-sumber ini tidak menceritakan sendiri kisah yang dituturkanYsecara keseluruhan.  Pada prinsipnya perbedaan antara Y dan sumbernya seharusnya mudah untuk dimengerti Y merancang kisah Israel untuk mendukung monarki terbatas,  menggunakan sumber-sumber tradisional di mana monarki tersebut secara signifikan lebih atau kurang dibatasi. tersebut secara signifikan lebih atau kurang dibatasi.  Y itu disusun kembali setelah komposisi awalnya dan berisi bagian-bagian sekunder seperti Y selain penambahan yang lebih besar sumber E dan P Kita tidak harus saat memberikan waktu terhadap narasi utama Y sesuai dengan indikasi-indikasi terpisah yang kemudian hari.  Agaknya Y adalah penggabungan atau komposit pengertian kedua ini,  yakni bukan hanya akibat penambahan teks,  melainkan juga oleh keberhasilan rekonstruksi keseluruhan.  Topik di adalah makna Y saat Ypertama kali disusun sebagai suatu kesatuan yang koheren,  mengikuti garis besar dari narasi asli. 
Tidak memperbedakan taman dan manusia pertama dalam yang akhirnya membuat berasumsi sekali tentang Y dapat besar tentang bagaimana Y dengan ulasan berkat dan kutuk Bileam narasi sebuah pandangan yang hampir mendekati pemikiran Wolff(1964)  kitab tetapi dengan alasan yang sangat berbe Y tidak memiliki catatan penaklukan dan tidak menyertakan satu pun(Coote 2000),  tidak ada mer referensi pada Yosua(Coote 1998:  560-61),  dan tak satu pun yang ter.  tuli muat dalam Sejarah Deutronimistis.  Kelima,  meskipun untaian hipotetis Y merupakan sebuah teks ber- narasi panjang,  penulisan Y tidak memerlukan suatu pembentukan ahli kitab yang besar Satu orang juru tulis sudah bisa melakukannya.  Mung-  kinkah Daud telah membiayai seorang juru tulis?  Hal ini mungkin dengan mempertimbangkan kekuasaannya atas Yerusalem,  di mana para juru tulis telah berfungsi 300 tahun sebelumnya,  dan tentu saja dengan ke-  kuatan istana utama Filistin.  Narasi Y dimulai saat Allah menciptakan manusia dari bumi untuk melayani-Nya sebagai para pekerja di taman istana-Nya dibumi.  Makhluk ciptaan-Nya adalah hamba yang diperlakukan bagaikan keluarga raja dengan pekerjaan yang tidak membuat mereka berkeringat.  Dengan demikian manusia diciptakan untuk melayani Allah,  tetapi sebagai keluarga raja,  dan bukan sebagai budak kerja paksa.  Penciptaan manusia sebagai budak kerja paksa lumrah ditemui dalam mitos bait suci dan istana dari wilayah Timur Dekat kuno.  Hal tersebut ditemukan dalam kedua teks standar Akkadia yang ada di bagian paling belakang babak-  babak pembukaan Y,  yakni Enuma elish dan Atrahasis,  teks-teks kos-  Imopolitan yang konsepnya penulis Y pinjam dengan cara yang seakan-akan mencerminkan masih berkembangnya nilai-nilai suku Israel.  Allah memutuskan untuk tidak lagi mengutuk tanah untuk membinasakan makluk hidup.  
Tradisi menyebutkan bahwa pemicu timbulnya penggulingan keluarga Daud di Israel adalah penyalahgunaan kerja paksa,  yang mempersonifikasi dalam diri Adoram sehingga seakan-akan mungkin bagi kerajaan di bawah Yerobeam untuk merevisi Y dengan penambahan-  penambahan yang mengubahnya menjadi justifikasi terhadap peran Yusuf,  bukannya Yehuda Yerobeam bukan Rehabeam-dengan raja Mesir memainkan peran raja di Yerusalem.  Y bercirikan keluarga bangsawan,  terkait dengan keturunan Daud,  dan terkait dengan Yerusalem. 
Keluarga Daud tidak menciptakan Keluarga itu mewa-  Mesir untuk mengatasi ancaman Mesir di abad ke-1 risinya,  sebagaimana tradisi itu diwariskan dalam beberapa bentuk yang hampir semuanya serupa dengan apa yang ada dalam Y.

Bentuk Tematik 
Bentuk tematik Y mencerminkan asal-usulnya sebagai penceritaan kembali sebuah mitos suku ke dalam konteks modern.  Tiga bagian tematik dasar yang membentuk sebuah cerita:  cerita kutuk dan berkat yang membingkai keseluruhan,  kisah Israel dan anak-anak laki-lakinya,  dan cerita perjuangan Israel di bawah Musa melawan Mesir.  Porsi yang kedua dan ketiga berakar dalam adatistiadatkepala suku Israel,  dibentuk untuk tujuan mengungkapkan Y.  Dalam Y,  porsi kedua dan ketiga ini secara tematis terkait untuk menyatakan poin berikut:  ancaman Mesir membutuhkan kesatuan suku-suku,  atau,  seperti yang dipaparkan alur cerita,  rekonsiliasi saudara-saudara di bawah kepemimpinan puncak Israel justru menjadi prakondisi bagi pelarian orang-orang Israel dari tirani Mesir. 
Berkat Abram ini digenapi dalam kisah Abram,  yang menelusuri urutan plot generasi kutukan secara teratur(Coote dan ord 4989:  106)  dan saat Abram,  akibat terisolasi dari sanak-kerabat hingga hanya bergantung sepenuhnya pada Allah,  memperoleh kemakmuran dan pengakuan serta seorang anak laki-laki untuk mewarisi semuanya momen dinastiyang esensial yang justru bukan terletak pada monumen benteng istana dan istana yang pembangunannya selalu akan membuat kerja paksa.Dan,  seperti yang sering diamati,  bukanlah kebetulan jikalau keseluruhan episode pertama yang melibatkan Abram di Kanaan memuat perjalanan-  nya ke Mesir dalam upaya menghindari kelaparan,  melarikan diri dari tirani Firaun,  dan berangkat dengan dibebani kekayaan(Kej.  12:  10-20),  sebuah pengisahan yang tidak salah lagi berasal dari cerita Keluaran Y Ideologi egalitarian suku dalam pembukaan Y tercermin kembali dalam bagian penutup.
Ragam Sastra Y 
Tidak adanya referensi langsung apa pun pada Yerusalem dan kultus bukanlah sebuah kebetulan,  dan juga bukan sekadar sebuah ketidak-  sengajaan dari Y ketika membatasi dirinya sendiri hanya pada asal-usul Israel sebelum kerajaan-kerajaan Israel . Y pada dasarnya merupakan sebuah mitos kultus dan juga mitos anti-kultus,  sejalan dengan perubahan ideologis suku baik dalam program bangunan monumental maupun kerja paksa untuk mewujudkan itu.  Y bukanlah sebuah mitos tentang Yahweh sebagai pembangun bait suci dalam gaya Marduk dan Baal,  seperti Yahweh sebagai pembangun bait suci ini merupakan mitos yang kita harapkan muncul dengan pembangunan Bait Allah di Yerusalem Yangciri-cirinya justru mencerminkan aspek-aspek mitos generik dengan dewanya baal.Tiap keberhasilan klien tersebut pastilah berasal dari,  dan harus dilihat berasal dari,  pelindungnya.  Hal baru,  yang meng gantikan hubungan-hubungan sosial akan muncul seiring waktu,  harus ditegakkan dan didefinisikan sebagaimana orang lain memberkati Abram sebagai yang Yahweh miliki.Kedua hal tersebut menekankan karakterisasi tentangYahweh dalam pembukaan cerita Y yang menyatakan bahwa Dia menciptakan umat manusia untuk menjadi raja yang melayani Dia,  dan bukan menjadi budak kerja paksa yang melayani raja-raja lainnya,  dan karenanya Dia mewa-  jibkan kesetiaan yang diekspresikan dengan menduplikasi bedkat-Nya pada Abram dan keturuannya."Biarlah mereka yang memberkati engkau akan diberkati,  dan mereka yang mengutuk engkau akan dikutuk"  sebagai sebuah narasi kultus,  Y menjadi masuk akal hanya bila diletakkan sebelum pembangunan bait Allah zaman Daud,  entah di bawah peme-  rintahan Daud ataupun Salomo.  Segala polemik mencakup perlawanan t terhadap kerja paksa menghalangi pembangunan bangunan-bangunan monumental seperti istana dan baitsuci.  Ini telah berada dalam tingkatan ideologi:  Daud sendiri bisa jadi telah memberlakukan kerja paksa(Coote dan Ord 1989:  115,  n.  9).  Akan tetapi,  setelah pembangunan bait suci,  yang mewujudkan sebuah sebaran luas tatanan mitos dan simbolisme arsitektur yang sama sekali tidak tercermin dalam Y,
Bentuk prosa Y
 1.  Tradisi tradisi tertulis zaman modern tentang asal dunia,  pen ciptaan manusia,  air bah,  dan silsilah keturunan dan budaya.  umat 2.  Kisah dituliskan oleh Y untuk menelusuri tema-tema ram,  yang yang Y sebelum episode demi episode periode pra-Abram.  3.  Kisah Yakub,  pahlawan Israel,  yang bersifat eponim 4.  Kisah anak-anak Israel,  karena Y menyoroti Yehuda dan Yusuf.30 5.  Kisah orang-orang Israel di Mesir,  yang merupakan kisah Musa.  6.  Kisah perjalanan pelarian orang-orang Israel di gurun,  sebuah suksesi dari konflik kekuasaan.  7. Kisah berkat Bileam terhadap Israel, kegagalan raja Moab untuk dapat mengutuk budak pelarian.
Demikian juga tidak ada alasan untuk menganggap bahwa Y merupakan terjemahan prosa dari tulisan aslinya berbentuk puitis,  seperti yang sering disarankan atas Hakim-Hakim 4 dan 5.  Alih-alih sebuah tradisi lisan rakyat tentang prosa naratif,  lebih masuk akal untuk menempatkan cerita-cerita tentang apa yang bisa kita sebut pahlawan perbatasan,  orang-orang besar dari masa lalu yang memanfaatkan bentangan batas eksploitasi sosial atau politik secara signifikan.  Contoh dari ragam sastra ini mencakup cerita Simson dan,  dengan elemen tambahan suksesi politik,  cerita Gideon.  Ini juga menjadi cara bagaimana kita harus memahami cerita Yakub,  Yehuda dan Yusuf serta Musa,  dalam tradisi narasi prosa.
Keistimewaan-keistimewaan Lain 
Secara ringkas dapat dikatakan bahwa saat bersamaan kita menerima tema-tema utama Y,  ragam sastra dan gayanya menunjukkan pada kita komposisinya pada masa pemerintahan Daud . Y dituliskan pada masa Daud,  tetapi bukannya merefleksikan Monarki Bersatu yang kuat dan luas,  Y malah mencerminkan kelemahan dan kerentanan pemerintahan Daud sebagaimana juga terlihat dalam sumber-sumber 2 Samuel serta tekad teguh Daud untuk mencegah para monster penjarah Mesir berada di wilayah perbatasannya.  Hal-hal ini merupakan pertimbangan utama untuk mengetahui waktu Faktor-faktor lain sebaiknya dilihat dalam terang hal-hal tersebut. Pada pandangan pertama,  sebuah catatan Daud mengenai peran Yehuda sebagai yang paling pertama diberkati dari suku-suku Israel lebih memiliki kemungkinan telah diproduksi di awal pemerintahan panjang keluarga Daud dan bukan di masa yang lebih kemudian.


Apa itu sejarah Alkitab 
Penduduk Palestina terbagi dalam dua kelompok,  ke sendiri penguasa dan kelompok rakyat kebanyakan.  Kelompk penguasa cendrung tidak tau baca-tuli mereka mempekerjakan kelompok yang terampil baca-tulis dan para imam(priests)--untuk membuat catatan bagi mereka.  Jadi tak mengherankan bahwa keterampilan tulis-menulis digunakan untuk pertama kalinya bagi keperluan perpa jakan.  Kalau seorang penguasa lokal mengirim utusan ke sebuah desa mengecek pembayaran pajak,  ia harus mengutus seorang scribe.  Disamping membuat catatan,  baca-tulis berguna bagi kelompok pengu asa untuk mencatat harta milik mereka.Jadi dalam masyarakat kuno saat seorang scribe itu pencatat di istana memiliki kekuasaan di istana Para scribes adalah ahli bahasa saat itu.  Fungsi lain dari para scribes adalah menulis literer tentang bagaimana para penguasa menjalankan kekuasaannya dan peranan mereka dalam masyarakat penguasa yang mampu mempekerjakan dan mempengaruhi para scribes,  memiliki catatan dalam bentuk kata kata canggih tentang diri mereka yang menggambarkan betapa berkua-  sanya mereka.  Tulisan semacam ini lebih bermanfaat dari sekedar nilai pribadi.Kesusasteraan istana dan tempat-tempat ibadah para penguasa zaman kuno yaitu tempat-tempat di mana hampir semua sastra kuno ditulis-berfungsi sebagai semacam surat kabar bagi kita sekarang ini.Semua dokumen ini membuktikan bahwa kemungkinan kemampuan tulis-menulis sudah tersebar luas di Palestina pada zaman Alkitab ditulisTradisi kecil terdiri dari berbagai takhyul yang kebanyakan dianggap remeh oleh penganut tradisi besar.Namun,  pada akhirnya Israel berkembang menjadi sebuah negara.  Pertama di bawah pemerintahan Saul memang lemah.  Daud menggantikan Saul dan menjadikan Israel satu negara yang tangguh.  Di bawah pemerintahannya,  persyaratan untuk menjadi satu tradisi besar menjadi satu kenyataan.  Daud menciptakan satu agama resmi dari beberapa tempat suci yang sangat penting yang ada di Israel saat itu. Sebagian besar dari Perjanjian Lama merupakan produk tradisi besar yang tidak berasal dari rakyat jelata-mereka yang buta huruf di daerah pedesaan-tetapi dari dalam istana di perkotaan sesudah Israel menjadi negara.  Berbagai pandangan dan tradisi dalam Perjanjian Lama tidak banyak menggambarkan masyarakat Israel secara umum,  tetapi lebih banyak mengenai para penguasa mereka. Apa yang tergambar di dalamnya merupakan refleksi dari satu monarki yang terus berkembang dengan berbagai ekspektasi dari suatu golongan elit baru yang terus bergerak maju.Penulisan Y itu terjadi karena perlunya validasi terhadap terben-  tuknya pemerintahan raja Daud dan ketururnannya,  yang menggantikan pemerintahan sentralistik kecil lainnya di berbagai dataran tinggi Palestina.  Dengan kata lain sumber Y merupakan satu"produk sosial'.  Pembentukan kerajaan Daud melibatkan perubahan-perubahan besar,  bukan hanya menyangkut sistem politik baru,  tetapi juga sistem ekonomi,  sosial dan agama.  Semua perubahan ini bukan masalah kecil,  dan untuk menghadapi dan membenarkan semua perubahan ini,  walaupun tidak langsung,  penulisan Y ini diadakan.  Dalam perkembangan sejarah kerajaan Israel,  para penulis istana dan keimamatan negara(official priesthoods),  sumber Y ini ditiru,  diperluas,  dan lengkapi melalui satu proses penulisan ulang yang kom pleks dan berkala.Seluruh proses ini menunjukkan minat terhadap tradisi hesar juga ada di dalam Y sendiri. Bebagai sumber tertulis maupun lisan turut membentuk sumber Y. Namun,  perhatian utama kami adalah kisah Y secara utuh.  Untuk memahami Y,  kita harus menelitinya sebagai satu kesatuan;  kalau membaca satu bagian,  harus juga mengingat bagian-  bagian lainnya.  Salah satu cara untuk menyatukan sesuatu yang kompleks adalah menemukan bagian yang menentukan.  Kisah di dalam sumber Y yang paling berdampak terhadap kisah-kisah lainnya adalah kisah tentang pemberontakan dan pelarian sekelompok pekerja yang tertindas dan tercabut haknya dari Mesir.Makna yang terkandung dalam teks ini bisa jadi diperoleh dari tradisi lbrani sebelumnya,  namun yang pasti bukan makna dari Y.  Di dalam Y tidak ada sesuatu tentang Musa sebelumnya sampai dia membunuh orang Mesir yang memukul seorang pekerja itu.  Bagi Y,  kisah Musa sebelumnya tidak penting karena itu penulisnya mengatakan"pada waktu itu'.  Di dalam sumber Y frasa ini mengacu pada masa ketika firaun memaksa para budak mendirikan fasilitas penyimpanan gandum di kota-kota.  walaupun kita tahu bahwa kisah dalam Kel.  1:15-2:10 berasal dari sumber E dan 2:11-12 dari sumber Y.
Sejarah kebangsawanan 
Sejarah biasanya diartikan sebagai suatu catatan faktual dari peristiwa-peristiwa yang terjadi pada satu periode di masa lampau.  Fakta dalam pengertian apa yang terjadi adalah sesuatu yang tidak kita ketahui;  dan bahkan jika semua fakta diketahui,  mereka tidak mengandung makna apa pun.  Semua fakta pada dasarnya tanpa makna sampai diseleksi dan disusun dengan rapi barulah mereka menjadi bemakna. Berapa banyak peristiwa yang terjadi selama lima ratus tahun itu?  Kita kembali ke tahun 1492[SZB].  Bagaimana penulis Y memutuskan apa yang harus dima-  sukkan dalam sejarah?Sudah pasti dia tidak memiliki ribuan jilidtulisan dengan rincian lengkap tentang apa yang terjadi selama lima tahun sebelum dia hidup.  Untuk menulis sejarah ini,  Y harus mempelajari dunianya,  tradisi bangsanya(yang sudah diseleksi),  makna identitas nasional yang ingin diterapkan kepada bangsanya,  dan juga tujuan yang ingin dicapainya dengan menulis sejarah tersebut.Namun walaupun Y menggambarkan leluhur Israel semacam itu,  sebahagian besar kaum Israel Palestina dalam zamannya sebenarnya bukanlah kaum nomaden.  Paling kurang 80%  mereka yang menamakan dirinya umat Israel saat terbentuknya kerajaan adalah kaum petani.  Jadi mengapa Y menyebut mereka kaum nomad,  yang paling banyak hanya 10%  dari umat Israel?  Jawabannya adalah meskipun sejarah karya Y ini mengakui,  melalui penamaan leluhur dari umat Israel,  atau yang disebut eponymas,  yaitu yang berbicara atas nama bangsa secara keseluruhan,  dalam kenyataannya sejarah tersebutsangat"faksinalisasi"  karena ditulis dari perspektif keluarga penguasa.  Jadi walaupun sebagian besar umat adalah petani, kehidupan mereka tidak terwakilkan dalam sejarah. Sementara kebanyakan ahli setuju bahwa sumber Y bermula dari kerajaan yang bersatu, mereka sulit memastikan lokasi dokumen dalam satu konteks sejarah tertentu sehingga bisa ditafsirkan sesuai konteks itu.   Siapa Umat Israel itu ? 
Hakim-hakim 1 mengisahkan tentang suku-suku bangsa Israel itu menduduki teritorinya masing-masing dalam berbagai peperangan yang terpisah-pisah,  padahal dalam Kitab Yosua tidak demikian dan malah dikatakan bahwa semua suku bangsa itu menyerbu dan menduduki tanah itu secara bersama-sama.Jelaslah kini bahwa Yerikho sebenarnya tidak berpenghuni saatumat Israel datang dan malah sudah seperti itu selama beberapa ratus tahun. Demikian pula Ai dihancurkan sekitar 2500 SZB.  dan kemudian tidak berpenghuni sampai abad kedua belas szB.  mulai dihuni oleh penduduk baru dataran tinggi,  yang biasa dikenal sebagai umat Israel awal,  sampai kira-kira tahun 1050 szB.  Pada umumnya,  banyak kota yang di dalam Kitab Yosua dikatakan dihancurkan,  sebenarnya tidak dihancurkan,  dan menurut penelitian arkeologis,  banyak kota yang dihancurkan justru tidak disebut.Model ini memperlakukan sejarah sumber Y seperti satu proses"batu bata dan campuran semen',  di mana berbagai suku kecil yang semi-  nomaden yang datang dan menghuni Palestina mengembangkan berbagai tradisi lisan lokal yang kemudian disatukan dan diperbaiki dan dima.  sukkan ke dalam berbagai tradisi tertulis yang terpelihara dengan baik Di dalam berbagai tradisi ini terdapat satu dasar religius,  seperti yang terungkap dalam cerita-cerita tentang leluhur suku-suku bangsa tersebut di sekitar Bersyeba,  Hebron,  dan Betel yang semuanya merupakan sentra peribadahan.Bukti dari hal ini terungkap sedikit demi sedikit dari korespondensi para penguasa negara Palestina dengan penguasa kekaisaran Mesir,  yang terdapat dalam arsip penemuan abad keempat belas di El-Amarna.  Periode ini menandakan penurunan kekuasaan Mesir karena munculnya masa manusia di dataran-dataran tinggi di Palestina yang melarikan diri dari Mesir,  yang kemungkinannya adalah kaum Lewi Mereka membawa agama Yahwehtis yang monoteistis dan menolak ilah-  ilah para penguasa Kanaan.  Mereka dianggap kelompok inti yang mem beri petunjuk ideologis bagi para petani pemberontak.  Mereka bisa disamakan dengan Pilgrim Fathers,  yang membawa satu ideologi agama romudian herneran penting dalam pembentukan Amerika.
Jendela Terkuak 
Kajian sejarah yang terbaru menunjukkan bahwa kekuasaan Kera-  jaan Baru Mesir sebagai satu aspek penting dalam usaha mempertahan-  kan kedaulatannya terhadap Palestina,  terus ada semasa Ramses II sampai kira-kira 1240 SZB.Sekitar tahun 1275 SZB,  Ramses II dan penguasa Hittite Hattusilis III membentuk suatu perjanjian di mana pengaruh Mesir dan pengaruh Hittite di Palestina saling menopang.  Akibatnya suhu politik ekonomi meningkat sehingga aliran dan pertukaran barang dan juga bantuan militer dapat dimungkinkan.Dalam abad kesepuluh,  bahaya yang ditimbulkan para perompak mulai mereda dan lalu-lintas perdagangan menjadi lancar kembali Penduduk Phoenesia,  khususnya Hiram di Tyreyang terletak di tepi pantai,  mengambil alih peranan dari penduduk Mycenasian dan menetapkan satu komoditas perdagangan yang meluas sampai ke Mediterania.Masa kemerdekaan Israel yang hanya berlangsung sekitar enampuluh tahun ini merupakan suatu"jendela kesempatan"  di tengah adanya dominasi terhadap Palestina oleh para penguasa dari luar.  Otonomi politik di Palestina semacam ini merupakan satu anomali.  Rezim yang berdiri sendiri yang sama sekali terlepas dari imperium-imperium yang a yang mampu mengatur segala sesu sendiri,  jarang mampu berkembang di Palestina,  bahkan selama masa berbagai monarki Israel. Dokumen Y ini bisa dibaca secara pseudo-historis tentang asal mula Israel yang kemudian hilang atau dokumen yang mengisahkan bahwa Israel mungkin tersem bunyi atau dibuang.  Jelas bahwa raja Solomo memilih cara yang pertama.  Sumber Y merupakan satu dokumen yang optimis tentang apa yang akan terjadi yang diakui bisa merupakan dasar untuk memproyeksikan satu identitas etnis.
BANGSA SUNGGUHAN DENGAN NAMA BARU 
Sumber Y merupakan satu sejarah dunia yang merupakan dasar terbentuknya satu kultus.  Pada intinya Y merupakan satu mitos kultus seperti yang lain-lainnya yang terkait dengan kuil-kuil di dalam masya rakat lain pada zaman itu.  Sejarah dunia bukan hanya sejarah para dinasti penguasa tetapi juga sejarah kultus karena tidak ada pemisahan antara suasana kehidupan politik dan kehidupan agama.  Agama mer pakan bagian integral dari politik.
Enuma elish,  mitos Ugarit,  cerita yang menggambarkan tentang bagaimana peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam maya,  yang tidak kelihatan dan di dunia bawah,  dapat memengaruhi terbentuknya kultus kerajaan yang nyata pada pusat pemerintahan.  Y pun demikian,  sebagai satu kisah yang menggambarkan terbentuknya kultus kerajaan yang nyata.  Ini sangat berbeda dari mitos baal.
Kita bisa menduga dari kisah-kisah paralel yang ada bahwa kultus kuil kerajaan dari Solomo juga memiliki kisah.  Mungkin Y itulah doku mennya atau mungkin juga dokumennya sudah lenyap.  Tidak mungkin Solomo bisa mengabaikan dunia kultus yang adalah pendiri dinastinya.  Apalagi,  walaupun sebagai raja-mirip Baal dia tidak akan memiliki dokumen persis seperti Y yang ditulis dari nol,  dan yang samasekali tidak mengganggunya."Ideologi merupakan penyangkalan terhadap hakikat hubungan-hubungan sosial yang terbalik dalam kenyataan" Si kritikus menambahkan: "Agar efektif,  ideologi itu harus menolak penyangkalan itu Ideologi harus juga meliputi penyangkalan terhadap dirinya sendiri.
PERTANYAAN TENTANG HAK ISTIMEWA 
Sewaktu Yahweh,  sang Allah,  menciptakan bumi dan langit-sebelum tumbuh pohon berbuah,  maupun tumbuhan berbiji apa pun di tanah karena Yahweh,  sang Allah,  belum mencurahkan hujan membasahi bumi,  dan manusia pun belum ada untuk melakukan pekerjaan pengelolaan tanah yang penting,  meski sebuah sungai telah keluar dari bumi dan mengaliri seluruh permukaan tanah-saat itu Yahweh,  sang Allah,  membentuk manusia dari debu tanah,  menghembuskan naf kehidupan ke dalam lubanghidungnya,dan mengubah manusia menjadi makhluk hidup.  Lalu Yahweh,  sang Allah,  membuat sebuah taman di sebelah timur dan menempatkan manusia ciptaan-Nya.  Menjulur keluar dari tanah,  Yahweh sang Allah,  menumbuhkan tiap pohon yang indah untuk dipandang dan yang baik untuk dimakan,  juga pohon kehidupan jauh di dalam taman,  serta pohon ni mongalir dari eden untuk buah yang baik dan jahat.
Ketika Yahweh,  sang Allah,  telah Yahwe tempatkannya dalam taman Eden untuk mengelola dan merawatnya,  a sang Allah,  memberikan perintah ini: "Engkau boleh makan buah pohon pun dalam taman ini,  tetapi engkau tidak boleh makan buah dari pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu.  Jika engkau sampai memakannya,  engkau akan mati Kemudian Yahweh,  sang Allah,  memutuskan, "Tidak baik bagi manusia untuk seorang diri saja,  Aku akan menciptakan penolong yang sepadan baginya.  Maka Yahweh,  sang Allah,  membentuk dari tanah segala binatang di darat dan segala burung di udara,  serta dibawanya masing-masing binatang kepada manusia itu untuk melihat bagaimana dia menamainya.  Apapun yang dipakai manusia itu memanggil tiap makhluk hidup,  itulah namanya.  Demikianlah manusia menamai kumpulan hewan yang ada disana.Ular berkata kepada perempuan itu, "Engkau sebenarnya tidak akan mati.  Itu hanya karena Allah mengetahui bahwa pada saat kalian berdua memakannya,  mata kalian akan terbuka dan kalian akan menjadi seperti Allah dengan mengetahui yang baik dan yang jahat.  Perempuan itu dapat melihat,  bahwa buah pohon itu baik untuk dima-  kan,  sedap terlihat,  dan menarik perhatiannya sehingga dia memetik salah satu buahnya dan mulai memakannya,  dan memberikan sebagian kepada laki-laki yang ada di sampingnya itu,  dan suaminya pun memakannya.  Lang sung terbukalah mata mereka berdua dan mereka tahu,  untuk pertama kalinya,  bahwa mereka telanjang.  Maka mereka merajut daun-daun pohon ara dan membuat bagi mereka penutup kemaluan.  Kemudian,  ketika mereka mendengar suara Yahweh,  sang Allah,  yang tengah berjalan-jalan dalam sejuknya sore hari itu,  manusia dan perempuan itu bersembunyi dari Yahweh,  sang Allah,  di antara pohon-pohonan dalam n yahweh sang Allah,  memanggil manusia itu: "Di manakah engkau?"Dia menjawab: "Ketika aku mendengar,  bahwa Engkau ada dalam taman ini,  aku menjadi takut,  karena aku telanjang,  sebab itu aku bersembunyi Siapakah yang mengungkapkan kepadamu,  bahwa engkau telanjang?  Apakah engkau telah mengambil dan memakan buah pohon yang Kuperin-  tahkan engkau untuk tidak memakannya?" "Perempuan yang kautempatkan di sisiku,"  jawab manusia itu, "ketika dia memberikanku buah dari pohon itu,  aku memakannya."  Yahweh,  sang Allah,  berkata kepada perempuan itu, "Apakah yang telah engkau lakukan ini?  Perempuan itu menjawab, "Ular itu memperdaya aku sehingga aku makan.  Yahweh,  sang Allah,  berkata kepada ular itu, "Karena engkau telah melakukannya,Terkutuklah engkau di antara segala hewan,  di antara segala binatang di darat;  Pada perutmu engkau akan bergerak,  dan debu tanahlah yang akan engkau makan seumur hidupmu.  Aku akan meletakkan rasa permusuhan antara engkau dan perempuan itu,  dan di antara keturunanmu dan keturunannya;  Mereka akan engkau di kepala,  Dan engkau akan[..] mereka di tumit."
Kepada  perempuan itu,  dia'Aku akan membuat sakitmu amat berat selama mengandun dan dalam kesakitan engkau akan melahirkan anak-anak.  Namun,  berahimu terhadap suamimu tetap akan berlanjut,  dan dia akan menjadi tuanmu."  Kepada manusia itu dia berkata, "Karena engkau mendengarkan istri dan memakan buah dari pohon yang telah Kuperintahkan engkau untuktd memakannya,  WTerkutuklah tanah karena engkau,  dalam susah payah engkau akan mengais makanan dari tanah sepanjang hidupmu.  Semak duri dan rumput duri akan muncul di hadapanmu,  Dan engkau akan memakan tumbuh-tumbuhan di padang,  Dan dengan memeras keringat akan memperoleh makananmu.  sampai engkau kembali ke tanah,
Kata Ibrani mas bermakna kerja paksa(dalam bahasa Amerika disebut repartimiento atau catequil) ,   yang merupakan sistem perpajakan dalam pekerjaan,  d ke dalam imana persentase penduduk sebuah kota atau desa dikerahkan kerja paksa untuk memenuhi kepentingan sang penguasa,  biasanya dalam proyek-proyek pembangunan umum atau tanah-tanah para penguasa,  tanpa dibayar. Apsu dan Tiamat adalah orangtua ilahi dari banyak dewa ya memersonifikasikan unsur-unsur dunia(selain elemen-elemen akan diciptakan kemudian oleh Marduk).
Atra-hasis,  mitos penciptaan hebat lainnya dari Mesopotamia,  dibuka dengan perkataan,  Pada suatu waktu,  ketika para dewa sebagai manusia menanggung beban pekerjaan,  kala mereka memanggul shupsikh [keranjang debu].Sejarah Y dibuka dengan ditanamnya sebuah taman.  Taman Eden bukanlah sekadar taman,  melainkan taman pribadi,  resmi tertutup,yang pintu masuknya cukup kecil terhalang oleh pedang menyala-nyala,  milik seorang penguasa elite perkotaan"Eden"  seringkali dipahami para penerjemah dengan mengacu pada padang rumput luas karena kata edin dalam bahasa Sumeria dan edinu dalam bahasa Akkad yang berarti padang rumput yang luas.  Meski hal itu bisa jadi memang demikian kasusnya,  bahwa sejarawan kuno sama sekali tidak memperhatikan hubungan dalam pemaknaan tersebut,  namun keterkaitan itu memberikan makna yang amat jelas terhadap akar kata Ibrani dari nama Eden.Manusia ditempatkan dalam taman tidak hanya untuk menger-  jakannya,  tetapi juga untuk"memeliharanya".  Kata ini telah sering kali diinterpretasikan berdasarkan terang pemahaman etos kerja Protestan,  dengan arti memelihara;  namun kata Ibrani syamar berarti mengawasi menjaga.
Tentang Dewa dan Manusia 
Qanah merupakan kata terdekat dalam bahasa Ibrani untuk apa yang kita maksudkan ketika kita mengucapkan"to capitalize" (meman-  faatkan atau mengambil keuntungan dari).  Salah satu kata benda Ibrani yang sama dari kata kerja ini memiliki macam-macam arti-ternak,  domba dan kambing,  harta benda namun akar katanya berarti modal Kain(Qain)  juga merupakan sebuah kata Ibrani berarti pandai besi atau penempa besi.
Y membahas isu ini berdasarkan konteks bedouin,  bukan saja karena identitas bedouin-lah yang dia proyeksikan pada Israel,  tetapi juga karena karakter kritis dari aliansi persaudaraan diantara orang bedouin.Komunitas bedouin selalu siap berekspansi sehingga mempunyai berbagai sarana untuk memetik keuntungan dan pemeliharaan aliansi persaudaraan,  sementara desa tidak dapat mem perluas diri dengan cara yang sama dan karenanya tidak dapat memetik keuntungan dari pemeliharaan aliansi persaudaraan dengan sama dramatisnya.Unsur utama dari berkat adalah penganugerahan tanah,  yang tidak digenapi,  sayangnya,  hingga masalah kerja paksa dan kesadaran kaum bangsawan kerajaan dapat dibawa sejalan dengan penganugerahan itu.
Permulaan pertanian Tadah Hujan 
Yahweh melihat bahwa kejahatan kemanusiaan hebat terjadi di bumi dan setiap formasi alat-alat dalam pikiran mereka tidak lain selalu berisi kejahatan tak berkesudahan.  Maka Yahweh menyesal bahwa la telah menciptakan manusia di bumi,  dan hal itu melukai pikiran-Nya.  Pada masa-masa itu nephilim ada bumi.  Nephilim berarti sesuatu seperti"para makhluk yang jatuh,  namun mereka tidak jatuh pengertian meluncur turun Lebih cocok mereka berada dalam keadaan berbaring dalam waktu luang mereka,  bagaikan kaum bangsawan dalam Amos 6:1-6.  Kata kerja"jatuh"  kadang-kadang berarti"berkemah"  atau"menyebar,  seperti dalam Kej.  25:18(lihat catatan kaki RSV),  atau bagai kan orang Midian dan Amalek dalam Hak.  7:12.  RSV menghubungkan kata Ibrani nephilim dengan raksasa"  tradisional,  mengikuti perbandingan yang terdapat dalam Bil.  13:  32-33.  Ini hanya sebagian dari makna kata itu.  Nephilim adalah para raksasa dalam pengertian mitis para tokoh penguasa di masa lalu.
Sejarah Y tidaklah bersifat fatalis,  maupun yang telah ditentukan sebelumnya,  melainkan sebuah sejarah yang menyingkapkan,  dengan Yahweh merespons perkembangan-perkembangan sejarah.  Dalam istilah modern,  Yahweh adalah Allah dari proses seorang teolog.Sejarah Y pertama-tama dan terutama merupakan sejarah tentang Yahweh.  Apa yang Y ketahui tentang Yahweh,  dia ketahui melalui semua yang Yahweh ciptakan sepanjang masa.  Sejarah tentang bagaimana Yahweh terus mencipta dalam sejarah merupakan cara Y untuk menge-  tahui siapa Yahweh serta apa yang Yahweh perjuangkan dan perangi. 
Sebelah Timur Eden 
Y memiliki dua kekaisaran besar yang menjadi lawan negara Daud,  yang satu adalah Mesopotamia,  sementara yang lainnya adalah Mesir Keduanya merupakan ancaman sejarah yang besar terhadap kewenangan politis orang-orang Palestina.  Berdasarkan struktur Y berfo-  kus kepada Mesopotamia dalam kesatuan generasi kedua,  yakni generasi kedelapan hingga keempat belas.  Di awal generasi kelima bel pada permulaan kesatuan generasi ketiga,  barulah dia akanmengalihkanfokus kepada Mesir.Dalam Enuma elish,  epik Babel yang menggambarkan penciptaan negara Babel,  menaikkan menara kota ke langit diucapkan tepat dengan istilah yang sama.  Enuma elish pun berkata, "Tahun pertama mereka telah membuat batu-batu batanya.Pembuatan nama Marduk menggiring pada kesimpulan pembangun-  lan Mesopotamia sejajar dengan pembangunan ir umigdal dalam sejarah Y. Menurut pendengaran Y terdapat hubungan antara banah dan ben,  membangun dan anak-anak,  seperti dalam Mzm.  127.  Kombinasi bn mengalir di sepanjang kisah ini.  Kata Ibrani untuk batu bata adalah laben,  istilah ketiga dengan bunyi serupa. 


Pendekatan Baru 
Y ingin agar para pembacanya melihatnya sebagai seseorang yang berkata, "Jika mentalitas seperti itu merupakan akibat dari tuntutan manusia terhadap hubungan suami-istri,  maka aku hendak membalikkan tuntutan tersebut."Bagaimana keterpecah-  belahan ini akan menghasilkan aliansi yang terus berlanjut dan bukannya permusuhan?  Jawabannya adalah:  melalui rasa menghargai yang dimiliki Abram,  kebalikan dari kecemburuan Kain. "Sebagai manusia,  kita bersaudara,  ujar Abram.  Ungkapan bahasa Ibrani meletakkan penekanan pada kata saudara. "Kita tidak dapat berkelahi."  Abram menyadari bahwa jikalau harus terjadi perpecahan dalam keluarga besar,  maka itu harus terjadi dalam damai,  dan bukan dalam situasi permusuhan.
DUA JENIS KERAJAAN 
Selama empat belas tahun,  dimulai dari generasi manusia kelima belas,  salah satu dari raja-raja sebelah timur telah menaklukkan raja-raja orang Kanaan dalam kekuasaan mereka.Bukanlah sebuah kebetulan jika bagian singkat dari sejarah Abram ini ditutup dengan kata"kebenaran"  sehubungan dengan keturunan Abram,  karena maksud utama dari keseluruhan sejarah kelahiran Ishak adalah tentang kebenaran itu.
Kelahiran yang direstui 
Sejarah Y kemudian menjelaskan hubungan kekerabatan kerajaan Israel ke bagian timur.  Melalui keunggulan mereka dalam sejarah Yakub,  Aram,  dan Edom dibuat lebih penting daripada Amon dan Moab.  Pada masa Y masyarakat perkotaan bersifat patriakh. Rata – rata masyarakatny a adalah laki – laki.  Saat mempelajari  Y, pembaca  modern haruslah memperhatikan secara khusus pada kisah – kisah yang berada dalam tanda kurun dalam alkitab karena bahan – bahan itu bukanlah dari Y.
Carikan Aku Pasangan
Sejarah Ishak memperkenalkan jenis narasi baru yaitu kisah yang diceritakan para gembala dan Bedouin. Ketertarikan utama Y adalah kepentingan politis dan ekonomi daerah –daerah ke sebalah selatan dan tenggara. Disanalah pertama kalinya Daud akan naik takhta, dan dari sana akan datang lawan terbaiknya serta semua pengawal pribadinya.


Sang Adik Meraih Kemenangan
Sejarah Y mengenai generasi ke tujuh belas hingga ke dua puluh merupakan babak ketiga dari keseluruhan sejarahnya. Tujuan Yahweh agar anak yang lebih muda harus diutamakan bertentangan dengan harapan – harapan budaya yang normal,dan sudah pasti akan menimbilkan ketegangan dan konflik.

Seorang Manusia Rekayasa
Y berpijak pada kelahiran anak- anak Yakub untuk memfokuskan perhatian pada kemunculan bangsa Isarel keturunan Daud beserta peran masing – masing komponen kesukuan. Masalah keseluruhan yang merangkum sejarah tentang Yakub  yaitu, apakah itu Yahweh atau Yakub sendiri yang menghasilkan kekayaan tersebut ? Sulit untuk mengetahui bagian mana dari cerita di alkitab ini yang berasal dari Y dan mana yang dari E. ada beberapa indikasi dari bahan E tetapi sedikit yang akan dapat langsung menunjukkan nama bagian yang jelas Y. Perjanjian itu sendiri yang ditandai dengan tumpukan batu, tampaknya berasal dari sejarah Y, bukan hanya karena implikasi politk yang disebutkan persis mengikuti paragraph sebelumnya, melainkan juga karena sindiran verbal untuk kejadian yang telah memperkenalkan Yakub kepada keluarga Laban. Hal yang hingga sejauh ini telah dinyatakan tentang Y dan Yakub adalah Yakub memaksa laki – laki yang tentu saja adalah malaikat Yahweh, untuk memberkatinya. Sepanjang uraian sejarahnya, Y menggambarkan seseorang melaui penggunaan istilah yang terkait baik dengan nama orang atau berdasarkan perilaku orang itu. Dalam sejarah Y, akhirnya Esau menjadi bangsa Edom dan yakub menjadi bangsa Israel, keduanya terjadi pada zaman Daud
Kedaulatan Yehuda
Sebelum penulisan sejarah Y, Yakub sebagai tokoh tradisional lebih erat dikaitkan dengan apa yang akan terjadi setelah zaman Salomo di kerjaan Israel Utara. Keluarga Yakub terlihat berlimah dengan yang namanya anak laki – laki. Hal ini diakibatkan oleh asumsi Y, yang dibagikan Daud kepada laki – laki sebangsanya dan mungkin juga yang perempuan, menyatakan bahwa kekuasaan dan wewenang adalah milik laki – laki. Materi dalam Alkitab yang segera mengikuti kisah Sikhem hampir seluruhnya berasal dari penulis E dn P. Bagi Y, penyajian bahan dukungan tambahan yang berasal dari sumber lainnya menjadi karakteristik untuk sebagian besar blok kisah utama tentang para nenek moyang terkenal
 Sebelah Barat Eden 
Apa yang cenderung kita anggap sebagai seluruh sejarah Yusuf sebenarnya erupakan jalinan sejarah tentang Yehuda dan Yusuf. Justru tambahan kemudian hari dari penulis yang cenderung membalikkan kisa Y mennjadi kisah  tentang Yusuf semata. Bagi y, seluruh episode krusial tenatng Yehuda dan Yusuf berasal dari kontras yang muncul antara hamba Abram dan Yakub dalam memilih istri. Dalam narasi Alkitab datanglah mimpi – mimpi Yusuf yang terkenal melalui mana dia bisa mengetahui tentang kelaparan besar yang akan datang dan berhasil kabur dari penjara, mimpi ini milik E. ketika Y melanjutkaan kisahnya, Yusuf sudah berada di istana Firaun menasihati dia menyangkut peraturan untuk menangani kelaparan. Y memahami bahwa rencana Yusuf merupakan awal sentralisasi pengendalian makanan dalam masyrakat agraris.
Ada Di Dalam Karung
Dari sudut pandang Y menyangkut hubunga Kanaan - Mesir, tampak bahwa pembebasan para  pekerja paksa dan penggenapan tersirat hibah tanah Yahweh kepada Israel mempreentasikan Kanaan yang hendak memutuskan pengaruh kekuasaan Mesir di bawah kepemimpinan rezim Daud dan membentuk kesatuan administrasi independen mereka sendiri.
 Bedouin diperbudak
Sisa kisah Y tidaklah mencerminkan tradisi yang lazim dan popular di kalangan kaum Palestina, bangsa Daud. Sebaliknya malah merujuk padatradisi Bedouin. Dalam pandangan banyak sejarawan, adalah seorang Bedouin Palestina yang mengambil keuntungan dari kelemahan pemerintahan adat Mesir untuk menaklukan kedaulatan di Mesir selama sekitar seratus tahun. Y tidak  mengatakan apapun tentang asal – usul dan didikan Musa, mengingat pengetahuan uum dari cerita – cerita yang disajikan E tentang masa mudanya. Musa bukanlah satu – satunya pendatang yang tinggal di tanah asing. Kelompok bedouim juga adalah imigran, setelah kehilangan hibah tanah sebelumnya dari Firaun dan belum memiliki hibah tanah dari Yahweh di Palestina.
Seorang Bebal
Konsensus politik yang disiratkan oleh Y dalam penggunaan ungkapan Israel tidak selalu menunjukkan identitas politik yang akan selalu diklaim oleh semua rakyat kerajaan Daud sebaai identitas mereka, melainkan sebuah konsensus yang diproyeksikan kepada mereka demi tujuan pemerintah. Dalam sejarah Y, Musa mendahului generasi kontemporer paling tidak salah satunya dengan Y.

Pelarian Besar
Tidaklah pasti apakah Y telah menggambarkan pelembagaan ritual paslah dengan utuh. Deskripsi ritus yang mungkin berasal dari Y, berfokus pada penebusan anak pertama dari ternak kambing domba dan anak – anak bangs Israel sendiri, tentunya akan cocok dengan tema utama yang berhubungan dengan sejarah pembebasan Bedouin, tetapi analaisis harafiahnnya tidak pasti.
Siapa yang bertanggung jawab disini ?
Sepanjang periode alkitab di Palestina, para imam kultus dan pengorbanan menjadi latar pemberian sanksi utama untuk kekuasaan hokum, dengan hak untuk menafsirkan dan menerapkan hukum yang amat integrasi dengan kultus. Kegagalan Y untuk mendefinisikan hukum yang melampaui kultus kerajaan merupakan sebuah indikasi bahwa Daud berada di posisi yang amat terbatas untuk dapat mengendalikan otonomi kehakimannya.
Sampai di sana
Y tidak terlalu mengambarkan Musa sebagai orang yang rendah hati. Sebaliknya, Y malah menggambarkan dia seperti figure yang berada di dalam perjanjian sepenuhnya dengan tunduk pada konsepsi kekuasaan yang direpresentasikan oleh Yahweh dan nilai – nilai politik yang dilindungi oleh kekuasaan itu. Y memfokuskan perhatiannya secara khusus kepada dua bangsa menjelang akhir perjalanan padang pasir, yakni orang Amalek dan Edom, dua bangsa yang mewakili ancaman dan tantangan terbesar bagi Daud di sebelah tenggara dan barat daya pusat kekuasaan-Nya dan yang penaklukannya menjadi sangat esensialuntuk kenaikannya ke puncak kekuasaan.
Kejayaan Berkat
Episode terakhir dalam sejarah pertama alkitab Y, menyajikan perluasan yang mengesankan terhadap frase terakhir berkat Abram yang menjadi poros sejarah Y. Para sejarawan hampir sepakat menyangkut pemahaman akan episode Bileam dalam BIL 22 – 24 sebagai materi gabungan dari Y dan E. yang menjadi alas an utama untuk kesimpulan mereka adalah dua sebutan, baik Yahweh maupun Elohim. Pendukung pandangan bahwa bagian ini berasal dari E menunjukkan bahwa selain penggunaan Elohim, penampakkan diri Allah pada malam itu kepada Bileam diasumsikan dalam bentuk mimpi. Percakapan antara Bileam dengan Allah lebih sejalan dengan keakraban antara bangsa itu dan Yahweh dalam Y dari pada dengan adanya jarak yang terbentang antara bangsa itu dan Elohim dalam tulisan E. Jika Bileam tidak termasuk bangsa manapun, maka dia dapat dianggap mewakili semua orang, seperti yang dilakukannya dalam mengucapkan berkat yang tidak diinginkan atas nama raja musuh terakhir dalam sejarah Y
Apa yang berbeda ?
Apa yang telah dilakukan sejarawan pada masa lalu terhadap Y dapat terlihat paling  baik melalui pertanyaan – pertanyaan yang berusaha mereka jawab. Pertanyaan pertama, yang teah dimulai sedikitnya dimulai sejak tiga ratus tahun lalu, tentang apakah memang ada cerita seperti yang disampaikan Y. pertanyaan berikutnya adalah bagian – bagian mana dari alkitab yang merupakan milik Y. Bagian mana yang menjadi bagian dari Kejadian, Keluaran dan Bilangan yang  berasal dari Y dan mana yang bukan ? selama rentang waktu yang panjang, ada pemikiran bahwa pasal – pasal dari Y jugadapat  ditemukan dalam Yosua.
Implikasi – implikasi
Kanon merupakan produk dari suatu proses sejarah tertentu yang melibatkan konsolidasi kekuasaan di tangan golongan penulis ibukota. Dalam hal perjanjian lama, para penulis yang mempunyai wewenang akhir untuk menentukan makna dasar dari Kanon itu adalah para pendukungdan penerima manfaat kekuatan dan otoritas kekaisaran Persia di Palestina. Dokumen Y mempertanyakan kekuasaan dan otoritas kekaisaran tersebut dengan mengatasnamakan kaum Bedouin Negeb yang mandiri dan Negara Daud yang benar – benar mengklaim sejauh yang dapat kita katakana demi kepentingan orang banyak Bedouin Palestina dan para petani selama sementara waktu.  Keselamatan dihadirkan bagiumat manusia oleh Yesus Kristus dalam bagian Perjanjian Baru dari Kanon Kristen yang berbeda dengan keselamatan yang direpresentasikan oleh Musa dalam Y.  Kelompok yang kebebasannya dijadikan Y sebagai pusat penekanan adalah bangsa Daud dala peran mereka sebagai buruh.


Semoga Bermanfaat, God Bless You 
Create by : Yosafat 

1 komentar:

  1. merit casino review - xn--o80b910a26eepc81il5g
    If you 메리트 카지노 고객센터 are looking to play at a trustworthy online หารายได้เสริม casino and 인카지노 want to know whether it's a good game to play for real money? Click here.

    BalasHapus