Rabu, 04 September 2019

New Testament Exegesis // Craig L Bloomberg dan Jenifer Fourtz M

Yosafat Belmiro / New Testament Exegesis (16111546)
Dosen: DR. Robert Paul Trisna
TUGAS Rangkuman 

New Textament Exegesis (Craig L.Bloomberg dan Jennifer Foutz Markley)

Kata pengantar
Saya sebagai pembaca buku ini berterima kasih kepada Jimkimmey, sebagai direktur editorial di sebuah akademik tukang roti, yang telah meyakinkan saya akan buku ini dan untuk mendukung kita selama ini. Selama tiga tahun terakhir ini dia dan petugas masuk untuk seminari. Setelah menulis makalah eksegesis yang patut dicontoh untuk beberapa kelas, Jen siap menjadi penulis utama untuk lima dari sepuluh, saya menyusun draft pertama dari lima masalah lainnya.
Perkenalan
Beginilah cara kita mengetahui anak-anak Tuhan dan bukan anak-anak Tuhan dan juga orang-orang yang tidak mencintai saudara dan saudari mereka. Ini terdengar cukup dipotong dan dikeringkan, tapi jangan kebanyakan orang jatuh entah dimana melakukan hal yang benar dan tidak melakukannya. “Anak laki-laki meskipun di (Yesus) adalah, dia belajar menaati dari apa yang dia derita dan, sekali membuat yang sempurna, Dia menjadi sumber keselamatan abadi bagi semua orang yang menaatinya. Apalagi kita akan menerima hadiah dan roh. Hmm, saya bertanya-tanya hadiah dari mana itu? Tulisan suci pasti tampak membingungkan. Para reformis Protestan, di satu sisi, secara teratur menekan apa yang mereka sebagai ketajaman atau kejelasan tulisan suci, siapa pun yang membaca dari genesis sampai wahyu, atau bahkan sekedar wasiat baru dari Matius diuntuk wahyu, akan menangkap kontur utama kisah Tuhan, ciptaan-Nya, kejatuhan mereka kedalaman dosa, dan rencananya untuk penebusan bagi mereka. Mereka tidak Pernah mengklaim bahwa pembaca tidak akan berlari melintasi teks tampaknya bertentangan dengan keseluruhan alur cerita dan teologi Alkitab.
BAB 1
Penelitian Teks
      Istilah penelitian teks ini atau bisa disebut dengan Kritik Teks adalah praktik membandingkan berbagai Salinan dari sebuah karya guna menentukan sedapat mungkin susunan kata yang pasti dari sebuah teks asli, baik yang tidak ditemukan maupun yang sudah tidak ada lagi. Penelitian teks juga bisa dikatakan sebagai suatu disiplin ilmu atau seni. penelitian teks merupakan praktik ilmiah karena membutuhkan peneliti untuk mengumpulkan data dan membandingkan berbagai pilihan lalu kemudian menetapkan aturan untuk menetapkan bacaan asli. Tidak semua ahli kritik teks perjanjian baru sepakat bahwa tujuan utama kritik tekstual adalah menentukan yang asli sebagai penulis setiap buku perjanjian baru yang pertama kali menulisnya, namun ini jelas mengenai perspektif yang dominan. Kita bisa membaca bacaan yang sama, perbedaan dari bacaan yang sama, perbedaan ini diberi label atau varian teks, radin, pembacaan varian mungkin melibatkan perubahan dalam sepucuk surya, sepatah kata, ungkapan atau bahkan tambahan dan. Apa sebenarnya tujuan utama tekstual-tekstual yang dikesampingkan karena masalah itu tidak bisa di tulis, pembacaan palsu semacam aslinya.

            Dokumen-dokumen kuno yang dipakai untuk merekonstruksi teks Perjanjian Baru seperti yang kita miliki sekarang dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu; naskah-naskah Bahasa Yunani, terjemahan-terjemahan kuno, dan kutipan patristic.
Naskah-naskah Yunani dibagi menjadi; Papirus, majuscule, dan minuscule.
Papirus adalah bentuk kuno dari bahan seperti kertas terdiri dari beberapa naskah tertua yang ada untuk penelitian secara cermat. biasanya dalam literatur ilmiah, papirus ditandai dengan huruf Gothic p, diikuti kata superskripsi.

Jenis Teks
Ciri Khas
Contoh
Aleksandria
- Disalin secara cermat dan akurat
- Contoh paling awal dari abad kedua
- Biasanya lebih disukai daripada teks barat atau Byzantine, karena keakuratannya
- Gothic (p)
- Kodeks Vaticanus (B)
- Kodeks Sinaiticus
- Berbagai terjemahan koptik
Barat
- Tanggal penulisan awal (seawal abad kedua)
- Memakai frasa bebas, selaras teks-teks perjanjian baru lain
- Pengayaan Cerita dengan memasukkan materi luar atau materi penjelas
- Kodes Bezae (D)
- Naskah-naskah italic atau Latin lama
- dan Gothic (p)
Byzantine
- Perkembangan berkesinambungan sejak abad ketiga sampai awal abad Pertengahan
- Jelas dan lengkap.
- Teks-teks terdahulu yang berbeda digabung dengan memperluasnya dan memperhalus kata-kata sukar
- Menjadi jenis teks Yunani dominan sejak abad ketujuh dan seterusnya.
- Mewakili 80 persen naskah-naskah yang ada.
- Teks Mayoritas
- Textus Receptus

            Tipe teks Bizantum, paling sulit saat ini karena perkembangannya yang terus berlanjut sampai usia pertengahan, ditandai dengan kejelasan dan kelengkapan. Karena keluarga Bizantium diterima oleh Bizantium (yang menjadi konstan dan akhirnya astanbull), dan modal dan jantung dunia ortodoks timur, ia disalin dan didistribusikan ke seluruh kekaisaran Bizantium.
            Tipe Teks Alexandria, Mesir, mengetahui salah satu pusat pembelajaran dan beasiswa klasik. Tidak mengherankan, tradisi penyalinan manuskrip yang berasal dari pertunjukan ini sangat teliti dan akurat. Tulisan-tulisan ayah gereja mula-mula sangat membantu untuk menentukan bahwa, sejak awal abad kedua, jenis teks kedua, jenis teks utama yang berbeda muncul dan digunakan di tempat-tempat kekaisaran yang berbeda.
            Sekalipun penelitian teks itu merupakan tugas yang kompleks dan terkadang sulit, namun bukan hal yang mustahil untuk kita sebagai mahasiswa teologi STT Bethel bisa memhaminya, tentu ini adalah suatu proses. Melalui pengetahuan tentang terminologi, teori dan perlengkapan dan kritik tekstual, mahasiswa/i harusnya bisa agak yakin bahwa mereka sedang berhadapan dengan teks asli seperti yang ditulis oleh penulisnya. Kita sebagai pemula tidak boleh meninggalkan penyelidikan untuk mencari Firman Allah seperti yang dituliskan untuk komunitas oleh penulis Kitab Suci asli, yang mendapat inspirasi.

2. Penerjemahan dan Berbagai Versi Terjemahan
      Selain masalah menemukan kata atau ungkapan yang sesuai dengan apa yang dimaksud dengan bahasa yang berbeda adalah masalah sintaksis atau susunan kata. Contoh koneksi intratextual yang dapat dilihat oleh siswa dengan memeriksa bahasa Yunani termasuk permainan bagus pada kata-kata dalam James 2:20.
            MEMILIH TERJEMAHAN
Implikasi dari semua yang telah kita bahas sejauh ini adalah bahwa hal yang berharga bagi pelajaran Alkitab yang serius, begitu mereka mempelajari cukup banyak bahasa Yunani, untuk mengerjakan terjemahan mereka yang secara formal (bahkan sampai pada titik-titik yang ditulis secara literal kayu, seperti juga konfigurasinya memanfaatkan bahasa inggris yang gramatikal dan cerdas. Yang sangat penting bagi setiap pelajar teologi.

3. Konteks Sejarah Budaya
            Yang menjadi kunci adalah kita harus menemukan penulis asli, tanggal penulisan, lokasi penulis dan pembacanya, serta keadaan-keadaan yang mendorong ditulisnya kitab yang akan kita teliti nantinya dalam pelajaran PBX-1 dan 2. Jika Penafsian bacaan tersebut bervariasi dan bergantung pada faktor historis yang masih diperdebatkan. Dalam melihat konteks Sejarah dan Budaya kita juga harus mengidentifikasi konsep-konsep kunci dari bacaan yang akan kita teliti. Singkatnya seperti ini;
- Analisis Konteks Sejarah
Sejarah dibalik teks (diakronis, seiring waktu). Contohnya: Penanggalan, penulis, penerima, peristiwa sejarah yang memengaruhi penulisan.
- Analisis Sosial à suatu waktu dalam sejarah (sinkronis, terbatas dalam suatu masa atau periode). Contoh: nilai-nilai budaya yang tersirat, hubungan sosial, sistem politik, dan keagamaan.
            Kita juga harus menggunakan Alkitab untuk memperoleh informasi konteks sejarah, misalkan ada sebuah sisipan teks mengenai konteks yang sedang dibicarakan ( Yesus bertanya jawab dengan para ahli Taurat, lalu percakapan Yesus dengan Nikodemus, dan lainnya). Dan juga nanti ada suatu perikop yang ber-pararel maksudnya kisahnya sama tapi ditulis dalam Injil Sinoptik. Tidak lupa juga untuk mengambil referensi dari sumber-sumber lain, misalkan Kesusastraan Rabinik, Psudepigrafa, Misnah, Targum, dimana tujuannya untuk melengkapi penelitian kita dalam mengeksegesis suatu kitab.  
4. Konteks Sastra
      Apa tindakan barbarisme agama ini? Kebanyakan orang Amerika yang menghadapi tajuk utama seperti itu dengan cepat akan mencatat bahwa hal itu akurat di halaman olahraga, ingat bahwa dua sekolah Katolik setempat diberi nama “keluarga suci” dan “hati suci”, dan terus mengamati bahwa artikelnya adalah tentang kekalahan miring dalam beberapa tim olahraga.
Lingkaran Hubungan Kontekstual
Dalam sebuah buku Alitabiah
Keseluruhan kitab suci
Diluar kitab suci
Kesimpulan

Ini cukup untuk memacu para penafsir itu. Tafsirkan setiap teks dalam konteks langsungnya, bergeraklah ke dalam lingkaran konsentris lebih jauh dari teks sesuai kebutuhan, tapi ingatlah dengan konteks yang lebih dekat dengan itu sendiri, semakin banyak ton anda untuk bagian ini. Kenali genre buku perjanjian baru dibagian yang salah, dan juga setiap bentuk dan bentuk tertentu, apakah bagian kita lebih sempit sesuai standar yang berlaku, sebagian besar bagian tidak akan selalu mengharuskan melakukan semua ini untuk berada di mutu alat yang tampaknya paling mungkin membantu setiap teks yang anda tafsirkan.
            Dalam konteks sastra ini kita harus membaca bagian-bagian yang mendahului dan mengikuti bagian bacaan yang sedang Anda teliti. Formulasikan garis besar dari kitab yang menjadi sumber bacaan Anda. Temukan lokasi dari bacaan Anda dan konteks langsungnya dalam alur naratif kitab tersebut dan tentunya kita harus menemukan implikasi tambahan guna menafsirkan bacaan tersebut dengan tepat. Perhatikan bentuk-bentuk kiasan yang nantinya akan dapat mempengaruhi penafsiran teks. Kita juga harus mencari tahu apakah penelitian sastrawi dapat menolong dalam menjelaskan elemen-elemen yang terdapat dalam bacaan tersebut dengan meneliti plot, penokohan, masa naratif, klimaks, dan lainnya.
5. Penelitian Kata
            Untuk menerjemahkan secara akurat gagasan penulisan naskah dengan menggunakan istilah yang sesuai dalam bahasa reseptor, siswa perlu memperhatikan sepersingkat keterampilan tertentu.
Kesimpulan
Salah satu dari kata dia bagaimana kita dengan setia menggunakan seorang pendeta lokal yang baru pensiun yang beru-baru ini baru dijelaskan dari seminari sebagai alat kata-katanya selama beberapa tahun setelah dia menaruhnya disana, adalah R, Alkitab, jadi dia hanya mengandalkan terjemahan itu dari saat itu. jika mereka melakukan studi kata-kaata formal bukan hanya sebagian kecil dari yang paling penting dan penting dalam wasiat baik, jika mereka melakukannya, mereka akan tetap bekerja, dan kami akan menerbitkan hasil kerja mereka.
            Kita juga harus menentukan keluasan makna dari masing-masing kata terebut dalam bahasa Yunani klasik, LXX, bahasa Yunani Koine atau Hellenistik, dan dalam Perjanjian Baru. Jika suatu kata muncul berkali-kali dalam suatu kitab tertentu, atau sering digunakan oleh seorang penulis tertentu, perhatikan penggunaan kata tersebut dengan seksama dana meneliti sebuah kata.

6. Tata Bahasa
            Dengan demikian, sama seperti dalam bahasa inggris, seseorang dapat mengidentifikasi dimana dua atau lebih klausa independen dihubungkan bersama oleh “atau,”  “dan,” atau “tapi” menciptakan dua atau lebih unit pemikiran seimbang yang seimbang-seimbang dengan alternative, penambahan, atau antithesis. Dalam kasus lain keterkaitan antara pemikiran independen berturut-turut tidak begitu ketat dan kita menciptakan kalimat yang terpisah. Tetapi jika sejmlah kalimat tampaknya ddimiliki bersama sebaai paragraph diskrit, kami masih Ingin bertanya bagaimana maitannya.
            Ungkapan-ungkapan dasar yang sama dalam argument atau diskusi dapat dikaitkan adengan kalimat atau bagian kaliat yang saling terkait secara logis, menunjukan dasar, kesimpulan, kondisi, konsesi, atau kontra-harapan, kotars atau perbandingan, atau kepindahan dari umum ke yang spesifik atau sebaliknya.
Contoh
Bagaimana Tata Bahasa Yunani Membuat Perbedaan
Sebagai contoh, terjemahan setra secara formal dari matius 1:16 biasanya membawa silsilah Yesus ke sebuah kesimpulan dengan mengatakan, “dan yakub ayah dari joseph suami dari meri, dintaranya Yesus lahir, yang disebut Kristus” (ESV), membuat pembaca bertanya-tanya apakah matius mengira Yesus lahir dari kedua joseph dan mary.
Kesimpulan
Mereka perlu berkonsultasi dengan beberapa terjemahan, mudah-mudahan dengan catatan pelajaran. Lebih baik lagi, siswa teologia yang serius perlu mulai memperoleh sebuah perpustakaan komentar yang bagus, pertama di keseluruhan Alkitab dan kemudian pada kita-kitab Alkitabiah individual.
            Kita sebagai peneliti juga harus menemukan struktur tata bahasa yang tidak biasa, kontroversial, atau memiliki signifikansi teologis yang tentunya dapat menjadi sumber informasi bagi penelitian selanjutnya. Dalam bagian tata bahasa, kita harus mengevaluasi bagian-bagian atau argumen-argumen yang mendukung maupun yang menentang berbagai alternatif dari penafsiran tersebut dan kita juga harus menentukan klasifikasi-klasifikasinya terhadap konteks langsung bacaan yang sedang di teliti.

7. Masalah Penafsiran
            Dalam proses eksigetis, penafsir terkadang tiba pada persimpangan jalan. Ada kalanya pertanyaan sulit tentang makna teks tidak bisa di jawab dengan hanya menggunakan satu metode dari berbagai langkah eksegesis yang telah di bahas sejauh ini. Pada umumnya masalah yang tampaknya sulit menjadi jauh lebih jelas jika penafsir akan meluangkan waktu dan melakukan pekerjaan rumah yang dibutuhkan. Namun kita harus sadar akan pendekatan itu, dan menentukan pendekatan itu mana yang paling masuk akal berdasarkan metode eksegesis yang masuk akal.
Kesimpulan
            Kami hanya mulai menggali permukaan dengan contoh masalah yang lebih kompleks dan sintetis yang kami kategorikan hanya sebagai “masalah interpretatif”. Teka-teki eksigetis yang lebih kompleks atau multifaset dan / atau alternatif ortodoks yang lebih bersaing, yang tampaknya memilih dukungan kuat, semakin penafsirnya, terutama filmnya, seharusnya berhati-hati untuk merangkum satu solusi pun secara dogmatis ada banyak hal. Dipuji dalam pengkhotbah atau guru yang mengumumkan.
            Kalau dalam masalah penafsiran terdapat berbagai pilihan solusi, gunakan proses eliminasi untuk mengerucutkan solusi yang kita rasa paling memungkinkan. Perhatikan tindakan eksigetis yang dapat langsung diterapkan dan paling sering disetujui, serta gunakan tindakan tersebut untuk menyingkirkan pilihan-pilihan yang kurang memungkinkan. Kalau tidak ada solusi yang begitu jelas, susunlah pilihan-pilihan yang tersedia berdasarkan kemungkinannya untuk menyelesaikan masalah eksigetis yang ada, dan peganglah pilihan Anda secara tentatif, terutama ketika pilihan tersebut memengaruhi argumen eksigetis yang penting bagi teks yang akan kita eksigetis.

8. Penyusunan Garis Besar Bacaan (Menguraikan)
            Sekarang saatnya untuk merefleksikan secara lebih sistematis dan rinci tentang bagaimana menghasilkan apa yang sering disebut garis besar eksigetis dari bagian dari perjanjian baru.
Tampilan Gramatikal Untuk Siswa Dengan Bahasa Yunani
Pendekatan yang umum dilakukan adalah menggambar garis horizontal yang di mulai dari margin kiri halaman. Kemudian gunakan garis diagonal yang menjauh dari garis horizontal yang berubah menjadi garis horizontal sejajar di atas dan di bawah klausa utama untuk mendokumentasikan berbagai pengubah. Poin utama dalam garis besar dapat diberi label dengan angka romawi, diikuti oleh item yang diberi label huruf kapital untuk tingkat sub divisi berikutnya, diikuti oleh entri yang dimulai dengan angka Arab, dan seterusnya.
 Kesimpulan
            Kadang-kadang, apa yang secara gramatikal disorot tidak secara konseptual menonjol, dan sebaliknya. Kita harus terus membaca untuk menemukan pokok pembicaraan dari kalimat dua ayat ini. Biasanya, isian tata bahasa akan sangat dekat. Tapi itu tidak berarti apa-apa lagi. Ada banyak cara untuk melakukan  kekerasan terhadap unit pemikiran alami dalam teks, yang tidak akan disetujui oleh komentator yang kompeten. Ada beberapa buku atau bagian buku lebih jelas dalam garis besar mereka daripada yang lain. Bahkan jika semua latihan kita dalam menguraikan membuktikan yang terbaik untuk menjadi perkiraan niat asli penulis, kita belajar banyak hal tentang pemikiran para penulis yang terinspirasi dalam prosesnya.

9. Teologi
            Meskipun hanya sedikit dari mereka yang menyadari hal ini pada saat itu, orang-orang Kristen baru hampir selalu teologis sistematis sebelum penafsiran Alkitabiah. Presentasi yang paling umum dari presentasi semacam itu mungkin adalah salah satu yang berfokus pada keinginan Tuhan untuk berhubungan dengan manusia, ketersaingan kita darinya, karya Yesus di kayu salib sebagai solusi untuk penderitaan manusia dan kebutuhan kita untuk menanggapi pertobatan, iman, dan murid. Pemahan teologis semacam itu bisa menjadi kutukan sekaligus berkat eksegesis. Kita akan memperlakukan keduanya, dalam urutan itu.
Masalah Teologi Sistematis mengalah Penafsiran Alkitabiah
Secara sadar atau tidak sadar, sistem teologis mempengaruhi keputusan eksigetis yang tak terhitung jumlahnya. Sistem teologis akan menentukan bagaimana teks-teks individual ditafsirkan, bahkan terlepas dari ajaran-ajaran yang berbeda di tempat lain dalam kitab suci.
Masalah Tafsiran Biblikal Yang Tidak Mengarah ke Teologi Sistematis
            Contoh terakhir ini, hubungan kompleks antara eksegesis teologi membentuk transisi yang baik ke kategori masalah berikutnya. Di sini James meratapi keunikan unik di ras keunikan  manusia. Tapi apa yang membuatnya pedih dan tidak pantas adalah bahwa benda-benda kutukan sesama manusiaà adalah puncak penciptaan, tidak dicap dengan imago (“citra Tuhan”)
Kebangkitan Kembali “Interpretasi Teologis”
            Tentu saja, kita dapat harus belajar dari pada komentator, pengkhotbah, dan menulis dari setiap era dan tempat dalam sejarah gereja.
Teologi Yang Sah Dari Eksegese Yang Valid
            Jadi ketika sampai pada teks seperti perumpamaan yang disebut sebagai hakim yang tidak adil atau janda yang gigih (Lukas 18:1-8), kami akan segera memikirkan tema doa, Persia (lihat ayat 8).Termasuk kemungkinan akan menjadi pernyataan yang menegaskan pentingnya persistensi dalam doa, keadilan untuk hal ini di masyarakat yang belum menerimanya, dan kehidupan kristeni bisa berubah menjadi lebih lama atau sulit daripada yang diantisipasi sebelumnya.
Kesimpulan
            Tidak semua bagian akan memberikan informasi penting kepada doktrin teologis inti. Banyak yang akan berorientasi pada etika. Beberapa mungkin menyarankan bahwa teologi tradisional, baru-baru ini, barat memiliki kesenjangan di dalamnya yang perlu diisi, misalnya, mengenai topik peperangan spiritual, dimana analisis dakwaan terhadap wasiat baru menunjukkan bahwa lebih banyak kebutuhan untuk dikatakan daripada yang sering ditemukan dalam literatur yang ada.

10. Penerapan/Aplikasi
Pembicara memiliki pemahaman yang baik tentang makna asli dari pernyataan Paulus yang telah belajar untuk memuaskan dirinya sendiri di saat-saat yang diinginkan dan pada masa-masa banyak, Kristus memberi Paul tata cocok untuk menguatkan naik turunnya pelayanan sebagai Dia adalah pion Tuhan. Cukup mudah untuk berkonsultasi dengan materi historis, ensiklopedi Alkitab dan esensi baru, untuk mendapatkan nuansa atau label penting yang akan mempengaruhi ayat-ayat alkitabiah. Bagian kontribusi untuk argumen keseluruhan penulis adalah sesuatu yang relatif juga yaitu relatif.
Mengenali Perangkap Aplikasi Umum
Di antara pembaca alkitab ada tiga bidang utama kesalahan dalam penerapan yang akurat. Kabar baik dalam penafsir adalah dua area tidak mungkin mempengaruhi seseorang yang telah benar-benar menganalisis bagian tulisan Suci. Masalah pertama dalam aplikasi bagi bayak pembaca berasal dari jumlah total glek konteks apapun.
Masalah kedua adalah sama seperti pertama. Pembaca dapat menafsirkan bagian ini sesuai dengan sisa dari kitab perjanjian baru yang akan muncul ini, yang merupakan langkah ke arah yang benar, namun mungkin gagal memperhitungkan konteks sejarah dan diterori yang lengkap. Area masalah ketiga adalah kesalahan penafsir dan penutur yang rentan, seperti yang ditunjukkan contoh pembuka kami dari Filipi 4.
            Sifat komunikasi
Prasangka Berbahaya Dan Menyesatkan
            Sebuah Metode Untuk Membawa Kita Ke Dunia Kita Sendiri
Kami telah meletakan banyak dasar di sepanjang buku kami untuk mengajukan sebuah metode untuk mengambil makna yang diinginkan dari luar dan menemukan cara untuk menerapkannya dan membantu seseorang untuk mengembangkan hati dan pikiran Tuhan untuk berpikir dan menanggapi situasi yang Tuhan inginkan agar dapat dilakukan. Situasi yang dialamatkan si penulis sering kali sangat berbeda dari yang kita hadapi saat ini.
Kesimpulan Akhir
            Jika orang tidak mengenalinya, namanya kebenaran Tuhan (aleqhia Qeoz) ini sulit akan sangat sulit diterapkan pada kehidupan mereka dengan cara dapat membantu mereka berjalan dalam hubungan yang lebih dekat dengan-Nya. ini adalah harapan setiap orang yang berusaha untuk menghadiri pertemuan ilmiah instruksional. Bayangkan hal hebat yang bisa dilakukan jika dalam pembicaraan kita bersikeras bahwa firman Tuhan berarti sesuatu yang Tuhan maksudkan itu. Bayangkan ini sangat bagus dan yang kita promosikan saat kita menerapkan teks dengan baik.

            Jika konteks kontemporer tidak memungkinkan atau mengaburkan penerapan suatu aplikasi, identifikasikan prinsip lintas budaya yang menjadi dasar masing-masing dari penerapan tersebut. Menurut arahan buku ini kita harus masuk atau naik ke atas “tangga abstraksi” hanya untuk menentukan prinsip-prinsip tersebut. Selain itu, carilah aplikasi kontemporer yang berbeda, tetapi memiliki tujuan yang sama dengan penerapan yang diinginkan oleh penulis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar